Sosok wanita dibalik megahnya patung Liberty

Sosok wanita dibalik megahnya patung Liberty - Patung Liberty merupakan patung yang terletak di pulau Liberty, di muara sungai Hudson, New York Amerika Serikat. Patung perunggu ini diresmikan pada 28 Oktober 1886. Patung ini merupakah hadiah dari Perancis atas ulang tahun kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-100 tahun dan sebagai pengerat persaudaraan antara kedua negara.

Sosok wanita dibalik megahnya patung Liberty

Pesan bertuliskan "Berikan saya kelelahanmu, kemiskinanmu / kau meringkuk dalam kerinduan untuk bisa bernapas bebas" mempunyai keterkaitan antara polemik yang terjadi di AS dan penolakan penampungan pengungsi Suriah.

Menurut sejarawan Michael B Oren dalam bukunya 'Kekuatan, keyakinan dan fantasi', Bartholdi akan mengukir rupa wanita petani mesir yang memegang obor kebebasan. Monumen itu dua kali lebih tinggi dari Spinx, akan memandu jalur perairan masuk dan mungkin akan berfungsi sebagai Marcusuar juga.

Bartholdi bekerja sebagai pembuat sketsa dan membujuk Ismail Pasha, Raja mesir untuk membiayai proyeknya selama dua tahun. Tapi raja Pasha bangkrut di tahun 1871 dan gagal untuk membiayai proyek Bartholdi.

Mungkin karena kebingungan, akhirnya Bartholdi menghibur diri dengan berlayar ke Amerika. Saat telah sampai ke pelabuhan New York, dia melihat pulai Bedloe yang berbentuk seperti telur dan mulai memikirkan lokasi untuk proyek megahnya dengan membangun semangat yang baru lagi.

Tidak lama sebelumnya, Bartholdi telah berbicara dengan warga Perancis pendukung abolisi dan pemebebasan buruh saat perang saudara, Eduard Rene de Laboulaye yang mengusulkan agar Perancis menawarkan hadiah kepada USA atas berakhirnya konflik tersebut.

Setelah perundingan bertahun-tahun, akhirnya Amerika bersedia membayar biaya pembangunan alas penyokong patung Liberty, sementara Perancis membiayai pembangunan patung Liberty-nya.

Monumen itu diresmikan pada Oktober 1886, oleh Presiden Grover Cleveland. Ribuan orang mendengarkan Presiden Grover Cleveland yang mengatakan 'tidak akan melupakan liberty telah membangun rumahnya', sembari menatap patung yang sudah dibuat, tidak benar-benar mirip dengan karya Bartholdi yang merupakan visualisasi Mesir.

" Petani muslimah telah diganti dengan sosok wanita Barat yang ideal dan semboyan patung itu juga diubah dari Membawa Cahaya untuk Asia menjadi Liberty Mencerahkan Dunia. Tetapi, bentuk obor patung itu tidak berubah, " kata Oren.

" Selama empat puluh tahun ke depan, 'Lady Liberty' akan memberikan kepada jutaan imigran saat pertama kali memasuki Amerika, sebuah harapan untuk kehidupan yang lebih baik dan menjamin kebebasan mereka. Untuk Mesir, meskipun banyak orang Timur Tengah datang, tidak ada simbol tersebut ," lanjutnya.

Dengan demikian, editor Daily Beast's Michael Daly menegaskan simbol dari kebebasan dan dukungan Amerika pada fakta sesungguhnya merupakan seorang Mesir, yang kala itu merupakan muslim.
INFORMASI
Belajar Bisnis Gratis bagi Pemula, Mari simak Blog Hakikat Bisnis, Klik DISINI

49 Responses to "Sosok wanita dibalik megahnya patung Liberty"

  1. Replies
    1. saya duduk sendiri aja nih ga ada yang nemenin? pada kemana ya?

      Delete
    2. awuoooo... juragan kopi dateng nih :D

      Delete
    3. Ayo mang saya pesan satu kopinya

      Delete
    4. nyantai dulu mas, biar disiapin kopinya...

      Delete
    5. nunggu mas marnes yg buatin gitu??
      ah..paling juga alesan lagi netnya lelet deh

      Delete
    6. dia kan lagi goyang koplo di kamar mandi sekarang

      Delete
  2. ternyata ada kisah di balik patung liberty itu ya mas? seorang petani muslimah yang membangun rumahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli saya baru tau ini mas, sebelumnya mah belom pernah baca tentang patung liberty ini

      Delete
    2. saya juga baru tau setelah baca artikel ini mas. mangkannya artikelnya di baca. hehehehehe

      Delete
    3. kalo nggak dibaca brarti plototin dong...

      Delete
    4. saya malah belum pernah ke patung liberty nih

      Delete
    5. mangkanya, uang hasil ngeblog dibawa travelling juga dong..

      Delete
    6. saya nunggu orang padang lulus skripsi

      Delete
    7. yang sudah sampe ketujuan didepan terminal, monggo gantian penumpangnya :)

      Delete
  3. Oh jadi gitu ceritanya, baru tau nih..
    Ternyata muslimah yang membawa obor s simbol sebagai pencerahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak cantik, betul banget..

      Delete
    2. eh ternyata mas admin udah tau orang cantik loya :D

      Delete
    3. udah gede sekarang mas, tuh bntar lagi juga dia berani minta pin bb nya

      Delete
  4. ternyata ada cerita dibalik sosok wanita di patung liberty itu yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada nggak cerita dibalik kupluk coba?

      Delete
    2. sayangnya juragan klepon udah jadi pandito

      Delete
    3. asalkan jangan panduto,
      karena panduto artinya pembohong dalam bahasa minang mas.. hehehe

      Delete
  5. thx infonya min, aku jadi tau nih...

    ReplyDelete
  6. ternyata patung lyberti memiliki sejarah yg cukup heroik dan dari hadiah prancis ya mas.
    saya baru tahu nih

    ReplyDelete
  7. semangat Bartholdi untuk merealisasikan proyek besarnya patut diajungi jempol nih.apalagi maha karyanya bisa dilihat sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong mas, knapa nggak coba bikin patung cungkup aja coba ?

      Delete
    2. nunggu dikasih hadiah sama orang padang dong ih

      Delete
  8. Iya saya juga baru tahu sejarahnya nih ya, tapi kalau patung liberty simbol kebebasan udah pernah denger ya, tapi kalau dulunya muslimah mesir baru tau ya... :) Makasih infonya mas... :)

    ReplyDelete
  9. kok petani dikampung saya ga dibikin patung ya mas???
    ternyata patung liberty itu bawa obor ya mas, saya kira bawain kopi buat saya, kan saya jadi kepedean atuh

    ReplyDelete
  10. ow, begitu sejarahnya.. ternyata patung liberty juga menggambarkan persaudaraan antara amrik dan perancis

    ReplyDelete
  11. saya mau komen apa lagi ini ya, semua koment sudah dibahas :) saya mangut mangut saja mas, yang jelas patung liberty itu ada sejarahnya :) wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  12. Baru tau kalo Liberty asal ide nya Muslimah mesir, ,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.