Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?

Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ? - Kesempurnaan memang impian semua orang. Tapi yag saya maksut sempurna disini bukan berarti bisa melakukan dan mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi sesuatu yang beda, jauh dalam diri setiap manusia.

Pada hakikatnya, tidak ada yang sempurna diatas dunia ini. Kendati itu benar, suatu kesempurnaan bisa dinilai dari berbagai aspek, seperti sempurnanya kelengkapan tubuh dan kesempurnaan anggota keluarga yang sekarang berada di sekeliling kita.

Bagi saya pribadi, tidak ada yang lebih sempurna dalam hidup ini selain bisa berkumpul, bercengkrama dan berbagi cerita serta kasih sayang bersama seluruh anggota keluarga tercinta di kampung halaman.

Sedikit cerita dari saya. Bulan April 2015 kemaren kakak kandung saya (si sulung), menyelesaikan studi S1 nya di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan keberhasilan menyandang predikat "sangat memuaskan" dari program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Bulan Ramadhan tahun 2015 ini merupakan saat-saat bagi kami semua untuk kembali bisa berkumpul, dan juga merupakan saat-saat terakhir bagi kami untuk kembali berpisah, yang pastinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kehangatan dan keharmonisan dalam keluarga begitu kental dan melekat pekat terasa. Wajah Ayah, Ibu, Uda dan kedua adik saya, saya pandangi satu-persatu, tepatnya beberapa hari sebelum saya kembali berangkat untuk menyelesaikan studi ke negeri orang.

Beberapa waktu setelah saya kembali berada di Kota Padang, kabar gembira bercampur sedih menyinggahi keluarga, kabar ini datang dari kakak saya selaku anak sulung.

Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Kakak saya, Erman Primadi S.Pd.
Kabar gembiranya adalah, kakak saya tersebut berhasil lulus tes salah satu program unggulan dari Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang yaitu SM-3T. Dan berita sedih itu sendiri ialah, perpisahan antara kali semua akan bertambah jauh lagi jaraknya.

SM-3T merupakan program pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalm percepatan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) selama satu tahun sebagai persiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan program pendidikan profesi Guru.

Tidak tanggung-tanggung, setelah pengumuman kelulusan dari tahap penyeleksian, beberapa hari setelah itu keluar pula pemberitahuan tentang dimana para lulusan akan ditempat-tugaskan. Tempat kita akan bertugas tersebut diatur dan ditentukan oleh pihak penyelenggara, bukan kita yang memilih.

Kabar ini cukup mengejutkan bahkan orang seisi kampung. Kakak saya mendapat informasi valid bahwa dia akan ditempatkan di Kabupaten Sorong, Papua Barat Indonesia. Segala keputusan yang keluar dari pihak penyelenggara program tidak dapat diganggu gugat alias bersifat mutlak.

Tapi sepahit apapun perpisahan ini, didalamnya tersimpan bibit baik yang akan dipetiknya suatu hari nanti. Ini adalah pegalaman besar buat nya. Ribuan orang yang ikut tes ini dan mereka semua mengharapkan kelulusan, namun apa daya karena mungkin belum waktunya. Karena jika sudah setahun melaksanakan program ini, para peserta akan dikuliahkan kembali selama 1 tahun sebelum menyandang gelar PNS.

Setelah beberapa bulan berpisah, kakak saya tidak pernah lupa untuk selalu mengirimkan foto-foto dari segenap kesibukannya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa ini. Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak potret yang dia kirim ke saya melalui Apps. BBM :


Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Upacara Bendera
Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Pendidikan Jasmani
Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Keakraban bagai keluarga
Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Bermain musik daerah Papua Barat
Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Bersama tenaga pengajar lainnya
Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?
Belajar Ngeblog, wkwkwkwk
Saya cuman bisa berharap dan tetap berdo`a agar dia selalu dalam lindungan Allah SWT hingga dia menyelesaikan pengabdiannya di Papua Barat sana dan kembali ke kota Padang.
Amiiiiiin Ya Robbal `Alamin..
INFORMASI
Belajar Bisnis Gratis bagi Pemula, Mari simak Blog Hakikat Bisnis, Klik DISINI

69 Responses to "Kapan saat kamu merasa hidup sudah sempurna ?"

  1. Ini pertamaaaxxx ya hehehe horeeeee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus lupa, jangan sampe inget :p

      Delete
    2. biar saya tagih nanti mas, tenag saja

      Delete
    3. Saya gak jadi beli pertamaaxxnya kirain ada subsidi dari pemerintah, wkwkwkwkw :)

      Delete
    4. hahaha, subsidi dari hongkong x mas :) hehehe

      Delete
    5. kesempurnaan yang hakiki adalah hanya milik Allah T'alla, tetapi bagi kita manusia rasanya akan merasa sempurna jika kita sudah bermanfaat bagi lingkungan terdekat kita, serta bangsa dan tanah air...deh kayanya mah

      Delete
    6. jangan merasa sempurna, sekalipun kita paling ini itu, pasti masih ada yang lebih dari kita. "diatas langit masih ada langit"

      Delete
  2. Iya mas saya juga turut berdoa semoga kakak mas senantiasa dilindungi Allah saat bertugas di Papua ya, amin,,, nanti mungkin bisa ketemu lagi saat lebaran kali ya mas, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin, makasih mas,
      liburan Idul Adha kemarin nggak pulang dianya mas, tapi kalo Idul Fitri tahun depan semoga saja sempat berjumpa lagi kalo tugasnya belum selesai..

      Delete
    2. Iya semoga mas tugas kakaknya bisa cepet selesei sehingga idul fitri nanti bisa ketemu, amin... :)

      Delete
  3. waw, bertugas di papua ya mas, cukup jauh ya :D

    ReplyDelete
  4. yang pasti Mas KY harus bangga karena sang kakak sekarang mengemban tugas yang sangat mulia demi memajukan pendidikan disana dan semoga buat kakaknya Mas KY selalu diberikan dan kemudahan dalam menajalankan tugas mulianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiinn, makasih mas atas do`a nya..

      Delete
  5. Aku juga mau ikutan SM-3T tapi bapak gak ngebolehin. Padahal pengen banget. Bapak mah gitu mungkin takut dapet di papua. Padahal kalo sudah sm3t cepat diangkat jadi PNS ya...

    Oke deh semoga cepet balik ke padang kakaknya.. ! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya, trus mau gimana lagi, kata2 ortu musti didengerin mbak..
      makasih pengharapannya..

      Delete
  6. Sungguh pengabdian yang luar biasa, saya salut sama kakaknya mas yang harus mengabdi jauh hingga ke Papua demi mencerdaskan anak bangsa.

    Oh ya, saya baru perdana kunjung dimari. Salam kenal, senang bisa blogwalking disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum kenalan sama ky cules nih.
      adminnya adiknya mas wiky ya?

      Delete
  7. Jadi PNS kan lumaya sulit, Tapi kakak nya dapat program SM-3T... salut dengan predikat yang disandangnya. semoga aja bisa jadi PNS beneran ya... Tidak selamanya harus bersatu terus, pasti semua akan berkeluarga dan berpisah... sekalian buat pengalaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga mas, cuman bisa berdo`a dari sini..

      Delete
  8. sebagai abdi negara yang baik memang harus tetap berusaha meskipun harus ke papua yang lumayan jauh kan?

    ReplyDelete
  9. itu tugasnya lama ya mas dipapua?tapi kayanya dipapua juga ada kota nya deh, soalnya saya juga masih suka ngirim paketan ke papua loh berarti disana memang sudah cukup teknologinya, berkomunikasi lewat hp aja mas lancar juga kayanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mas, soalnya kakak saya juga sering kirim uang ke sini..

      Delete
    2. kok saya gak pernah dikirimin uang yah mas :D

      Delete
  10. orang yang hidup bahagia orang yang ga punya utang ya mas ? hidupnya aman tapi untuk apa kaya melimpah tapi belum tentu bahagia ya mas.

    ReplyDelete
  11. subhanallah, saya sangat salut dan bangga mas, ata pengorbanan nya mas, semoga harapan kita beliau selalu dalam lindungan Allah :) amiin

    ReplyDelete
  12. Saat kumpul dengan keluarga atau berkumpul dengan teman lama, hidup benar-benar berasa sempurna

    ReplyDelete
  13. Pengabdiannya jauh amat ya ? tapi tampaknya sudah bisa beradabtasi dengan masyarakat sekitarnya. Sehinggaa keluarga yang ditinggalkan tidak perlu cemas lagi.
    Kesempatan mumpung masih mudah dan belum nikah, cari pengalaman seluas-luasnya dan sejauh-jauhnya.

    ReplyDelete
  14. betul mas, pengalaman memang sangat penting dicari selagi masih muda ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang sependapat mas, pengalaman itu gak perlu dicari karena pengalaman merupakan bagian dari proses yang selalu mengiringi disetiap kegiatan yang kita lakukan ato perbuat. Jadi pengalaman itu memang selalu beriringan karena pengalaman adalah hasil dari apa yang kita lakukan (bener gak sih omongan saya, ngasal saya mah ini) heheheee

      Delete
  15. sungguh pengabdian yang luar biasa. teap semangat karena hasilnya nanti akan luar biasa. ilmu yang bermanfaat terbawa sampai mati

    ReplyDelete
  16. Pengabdian yang luar biasa, semoga selalu diberi kesehatan untk kakak mas.

    ReplyDelete
  17. Kesempurnaan hanyalah milik Alloh dan manusia juga makhluk paling sempurna diantara makhluk ciptaanNYA..
    Semoga perjuangan kaka nya mas Ky Cules di beri kelancaran dan kemudahan oleh Alloh SWT dan selalu dalam lindunganNYA ya mas..
    Amin..

    ReplyDelete
  18. setuju mas,memang tidak ada yg sempurna dan selalu ada yg kurang.lebih baik berfikir kecukupan

    ReplyDelete
  19. perpisahan itu hanya pertemuan yg tertunda mas.
    semoga kakaknya sukses didalam menjalankan tugas disana

    ReplyDelete
  20. mungkin saat menang team match dota2

    ReplyDelete
  21. Kalau ane sih kayaknya belum pernah merasa sempurna gan makan nya ane sering kurang terus hhhh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.